Istirahat merupakan kebutuhan setiap makhluk hidup.  makhluk hidup yang melakukan aktifitas, apa pun aktifitasnya pasti akan terjadi metabolisme di dalam tubuhnya sehingga faktor psikologis dan fisiologis stiap makhluk hidup akan merespon rasa lelah oleh metabolismenya. Rasa lelah akan membuat tubuh dari setiap makhluk hidup untuk mengurangi aktifitasnya, sehingga   proses metabolisme dalam tubuh akan berkurang. Lelah pada stiap makhluk, khususnya pada manusia tentunya akan ada dampaknya terhadap fungsi tubuh yang lainnya. Mengingat definisi otak adalah pusat dari sistem saraf maka sotak sangat wajib di jaga.
       Adapun dampak lelah yang berlebihan terhadap fungsi otak salah satunya yaitu
Daya ingat menurun
       Daya ingat akan menurun pada lelah yang berlebihan yang di sebabkan karena kurang istirahat, khususnya tidur berhubungan dengan fungsi kerja otak yang berlebihan juga, saat tubuh tidak istirahat maka fungsi otak pun tidak akan istirahat, dan ketika otak terus di paksa untuk bekerja fungsi otak akan tampak berkurang khususnya di pandang dari fungsi otak sebagai memory, atau penyimpanan data, otak yang lelah dan kurang istirahat tidak akan mampu menyimpan ingatan dengan maksimal, dan inilah faktanya, daya ingat stiap orang yang kurang istirahat akan menurun, atau tidak dapat mengingat banyak hal dalam satu kali menerima pesan yang di karenakan otak yang lelah. Selain lelah otak tidak dapat menyimpan pesan dengan baik juga dapat di karenakan oleh kesehataan atau kebugaran otak yang tidak baik. Untk menjaga kesehatan otak dengan baik ada beberapa hal yang harus di penuhi untuk kebutuhan otak seperti :
1.      Konsumsi Makanan Bergizi
Daya ingat berkaitan dengan status gizi. Seseorangi dengan gizi yang baik, akan memiliki daya ingat baik pula. Karena itu penuhi gizi dengan mengonsumsi makanan dengan pola gizi seimbang. Makanan seperti itu, ada karbohidrat, lemak, protein, sayur dan buah.
2.      Vitamin tambahan
Di samping mengonsumsi makanan bergizi, ada baiknya minum pula vitamin tambahan. Sehari sekali sudah cukup untuk mendukung terpenuhinya kebutuhan gizi. Memang banyak pilihan vitamin, tetapi pilih yang terpercaya. Bila perlu mintalah ke dokter. Terutama vitamin C sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh dan kondisi tubuh selalu dalam keadaan yang bugar.
3.      Istirahat yang cukup
Istirahatlah yang cukup, sekalipun banyak pekerjaan. Dengan istirahat cukup, tubuh akan bugar sehingga daya ingat tetap akan baik. Kebutuhan normal istirahat dalam 24 jam ialah sekitar 8 jam. Agar bisa segera istirahat, hindari minum kopi pada malam hari atau aktivitas lain yang membuat sulit tidur. Minum kopi pada malam hari kurang baik karena kopi dapat memacu fungsi organ yaitu jantung untuk bekerja lebih, sehingga dapat memudarkan rasa ngantuk.
4.      Olahraga rutin
Lakukan olahraga rutin. Olahraga membuat aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke otak akan lancar. Hal itu akan meningkatkan daya ingat. Pilih olahraga sesuai kesukaan dan lakukan sesuai kemampuan.
5.      Sering membaca
      Perbanyak membaca. Cara ini diyakini mampu meningkatkan daya ingat. Hanya, jangan terlalu berlebihan. Jika mata sudah terasa lelah berhentilah. Saat membaca, penerangan harus baik agar mata tidak mudah lelah. Membaca memicu otak atau melatih otak untuk mengingat sedikit demi sedikit pesan yang di baca. 

By : Agus Sudiana Nurmansyah

0 comments :

Post a Comment