Hubungan
Metode Belajar Mahasiswa Semester 2 Terhadap
Tingkat
Keaktifan Dalam Proses Pembelajaran
Di
kampus STIK Muhammadiyah Pontianak
Tahun
2014
5W+1H
1. What => metode belajar
2. Who => mahasiswa
semester 2
3. Where => di kampus STIK
Muhammadiyah Pontianak
4. When => tahun 2014
5. How => desain korelatif
Quiz
1.
Rumuskan masalah penelitian dalam bentuk pertanyaan
Apakah terdapat hubungan antara metode belajar
mahasiswa semester 2 terhadap tingkat keaktifan dalam proses pembelajaran di kampus
STIK Muhammadiyah Pontianak Tahun 2014?
2.
Rumuskan masalah penelitian dalam bentuk pernyataan
Perubahan dan percobaan metode belajar sangat
berpengaruh dalam meningkatan keaktifan proses belajar mahasiswa semester 2,
namun kenyataannya tidak demikian (hanya sebagian yaitu 50% mahasiswa semester
2 di kampus STIK Muhammadiyah Pontianak yang mampu berperan aktif pada proses
pembelajaran yang diadakan oleh para dosen).
3.
Rumuskan masalah penelitian dalam bentuk pernyataan dulu dan
diikuti oleh bentuk pertanyaan
Setiap dosen yang mengajar mahasiswa semester 2 memiliki metode yang
berbeda. Di dalam proses pembelajaran dosen menginginkan para mahaiswanya untuk
berperan serta aktif, namun kenyataannya ada mahasiswa yang aktif dan tidak
aktif dalam proses pembelajaran di STIK Muhammadiyah Pontianak. Dari pernyataan
tersebut, peneliti membuat pertanyaan penelitian sebagai berikut :
a. Bagaimana metode belajar yang
diterapkan oleh para dosen untuk mahasiswa semester 2?
b. Megapa ada mahasiswa yang
tidak aktif dalam proses pembelajaran?
c. Faktor apa saja yang
mempengaruhi keaktifan mahasiswa dalam proses pembelajaran ?
d. Bagaimana cara dosen
mempertahankan metode pembelajaran agar mahasiswa tetap aktif di dalam proses
pembeljaran?
4.
Rumuskan judul
penelitian dari masing – masing masalah
Hubungan metode belajar mahasiswa semester 2 terhadap tingkat keaktifan
dalam proses pembelajaran di kampus STIK Muhammadiyah Pontianak Tahun 2014.