Hubungan Metode Belajar Mahasiswa Semester 2 Terhadap
Tingkat Keaktifan Dalam Proses Pembelajaran
Di kampus STIK Muhammadiyah Pontianak
Tahun 2014

5W+1H
1.      What => metode belajar
2.      Who => mahasiswa semester 2
3.      Where => di kampus STIK Muhammadiyah Pontianak
4.      When => tahun 2014
5.      How => desain korelatif
Quiz
1.      Rumuskan masalah penelitian dalam bentuk pertanyaan
Apakah terdapat hubungan antara metode belajar mahasiswa semester 2 terhadap tingkat keaktifan dalam proses pembelajaran di kampus STIK Muhammadiyah Pontianak Tahun 2014?
2.      Rumuskan masalah penelitian dalam bentuk pernyataan
Perubahan dan percobaan metode belajar sangat berpengaruh dalam meningkatan keaktifan proses belajar mahasiswa semester 2, namun kenyataannya tidak demikian (hanya sebagian yaitu 50% mahasiswa semester 2 di kampus STIK Muhammadiyah Pontianak yang mampu berperan aktif pada proses pembelajaran yang diadakan oleh para dosen).
3.      Rumuskan masalah penelitian dalam bentuk pernyataan dulu dan diikuti oleh bentuk pertanyaan
Setiap dosen yang mengajar mahasiswa semester 2 memiliki metode yang berbeda. Di dalam proses pembelajaran dosen menginginkan para mahaiswanya untuk berperan serta aktif, namun kenyataannya ada mahasiswa yang aktif dan tidak aktif dalam proses pembelajaran di STIK Muhammadiyah Pontianak. Dari pernyataan tersebut, peneliti membuat pertanyaan penelitian sebagai berikut :
a.      Bagaimana metode belajar yang diterapkan oleh para dosen untuk mahasiswa semester 2?
b.      Megapa ada mahasiswa yang tidak aktif dalam proses pembelajaran?
c.       Faktor apa saja yang mempengaruhi keaktifan mahasiswa dalam proses pembelajaran ?
d.      Bagaimana cara dosen mempertahankan metode pembelajaran agar mahasiswa tetap aktif di dalam proses pembeljaran?
4.       Rumuskan judul penelitian dari masing – masing masalah

Hubungan metode belajar mahasiswa semester 2 terhadap tingkat keaktifan dalam proses pembelajaran di kampus STIK Muhammadiyah Pontianak Tahun 2014.

0 comments :

Post a Comment