BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Di Indonesia banyak sekali kita temui budaya dan adat istiadat yang dianut oleh masyarakat sehingga cara berfikir masyarakat satu dengan lainnya berbeda-beda .Dengan nilai yang mereka anut sudah menjadi suatu kebiasaan dan terkadang sulit untuk dirubah. Mereka sering kali memecahkan masalah terutama untuk kesehatan dengan hal-hal yang kadang tidak rasional , bersifat mistis dan sangat bertolak jauh dengan ilmu medis. Kepercayaan ini didapat sejak dari nenek moyang dan sudah diturunkan kepada generasi berikutnya sehingga sangat sulit untuk mengubah persepsi dan kepercayaan mereka .yang kita lihat mereka masih nyaman dan masih tetap dengan cara yang mereka lakukan , mereka berfikir hal tersebut yang paling ampuh untuk menyembuhkan penyakit walaupun pada kenyataannya sangat bertolak belakang dengan ilmu medis. Ada sebagian orang yang masih mengganggap ilmu medis itu merepotkan dan memerlukan biaya yang sangat mahal ,mereka lebih senang memanfaatkan ilmu dukun yang mereka percayai dapat menyebuhkan penyakit.

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, kami dapat mengambil rumusan masalah sebagai berikut :
1.      Apa pengertian dari berfikir kritis?
2.      Apa definisi dari transcultural nursing?
3.      Bagaimana berpikir kritis dalam transcultural nursing?
4.      Apa saja aspek-aspek dalam berfikir kritis?
5.      Bagaimana trend dan issue dalam transcultural nursing?

C.    Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah diatas, kami dapat mengambil tujuan sebagai berikut :
1.      Menjelaskan definisi dari berpikir kritis.
2.      Menjelaskan definisi dari transcultural nursing.
3.      Menjelaskan berpikir kritis dalam transcultural nursing.
4.      Menjelaskan aspek-aspek dalam berpikir kritis.
5.      Menjelaskan trend dan issue dalam transcultural nursing.
BAB II
PEMBAHASAN

A.    Critical Thinking dalam Transkultural Nursing
1.      Pengertian
ü  Berpikir Kritis
Berpikir kritis adalah suatu kegiatan penyelidikan yang melibatkan penggunaan fakta-fakta, prinsip-prinsip, teori, abstrak, deduksi, interprestasi, dan analisis argumen (mathews, 1979). Berpikir kritis adalah pemikiran reflektif dan beralasan yang berfokus pada penutusan apa yang diyakini atau dikerjakan (Ennis, 1988).
ü  Transcultural Nursing
Keperawatan transkultural adalah suatu pelayanan keperawatan yang berfokus pada analisis dan studi perbandingan tentang perbedaan budaya (Leininger,1987). Keperawatan transkultural merupakan ilmu dan kiat yang humanis, yang difokuskan pada prilaku individu atau kelompok, serta proses untuk mempertahankan atau meningkatkan perilaku yang sehat atau perilaku sakit secara fisik dan psikokultural sesuai latar belakang budaya (Leininger, 1984). Pelayanan keperawatan transkultural diberikan kepada klien sesuai dengan latar belakang budayanya.
ü  Berpikir Kritis dalam Transkultural Nursing
Berpikir kritis dalam transkultural keperawatan merupakan suatu kegiatan penyelidikan, pemecahan masalah, proses berpikir, yang mana terdapat tujuan yang jelas, abstrak, sesuai dengan teori, realistis, dapat diyakini, dan semuanya ini berhubungan langsung dengan kebudayaan-kebudayaan masyarakat seperti menghargai kebudayaan mereka, melakukan tindakan keperawatan yang tepat sesuai dengan teori dan kepercayaan serta nilai budaya dan tentunya tidak melenceng dari dunia keperawatan, bagaimana perawat profesional dapat memecahkan suatu masalah dalam persoalan keperawatan terhadap klien-klien yang berbeda budaya, kemudian bagaimana perawat dapat beradaptasi dengan baik terhadap klien agar dalam pelayanan keperawatan maupun kesehatan tidak terjadi ketidaknyamanan dari diri klien maupun perawat.

Berpikir kritis dalam transkultural keperawatan merupakan hal penting. Seperti contoh misalnya seorang perawat dihadapkan dengan seorang klien atau pasien yang berbeda budaya, maka perawat yang profesional tetap harus mampu memberikan pelayanan yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan dasar pasien tersebut. Berpikir kritis diperlukan untuk menangani hal ini agar terdapat kenyamanan dalam memberi pelayanan dan bagi pasien tersendiri merasa nyaman ketika diberi pelayanan. Berpikir kritis dan segera bertindak ketika pasien merasakan sesutu yang tidak nyaman akan dilakukan oleh perawat profesional yang begitu paham dengan budaya-budaya yang ada. Inilah pentingnya transkultural keperawatan yang mana para perawat diharapkan memahami budaya-budaya di negara ini maupun negara lain agar siap ketika menghadapi persoalan kebudayaan. Paham terhadap budaya-budaya tetapi tidak dapat berpikir secara kritis dalam menghadapi masalah itu tidaklah baik bagi pelayanan. Ketika para perawat telah memahami budaya-budaya dan dapat berpikir kritis serta bertindak tepat dan cepat, maka inilah yang akan melengkapi tingginya suatu layanan ke masyarakat nantinya.
Leininger beranggapan bahwa sangatlah penting memperhatikan keanekaragaman budaya dan nilai-nilai dalam penerapan asuhan keperawatan kepada klien. Bila hal tersebut diabaikan oleh perawat, akan mengakibatkan terjadinya cultural shock. Disinilah perawat harus berpikir dan bertindak tepat agar tidak terjadi cultural shock.
Seperti contoh berikut, cultural shock akan dialami oleh klien pada suatu kondisi dimana perawat tidak mampu beradaptasi dengan perbedaan nilai budaya dan kepercayaan. Hal ini dapat menyebabkan munculnya rasa ketidaknyamanan, ketidakberdayaan dan beberapa mengalami disorientasi. Salah satu contoh yang sering ditemukan adalah ketika klien sedang mengalami nyeri. Pada beberapa daerah atau Negara diperbolehkan seseorang untuk mengungkapkan rasa nyerinya dengan berteriak atau menangis. Tetapi karena perawat memiliki kebiasaan bila merasa nyeri hanya dengan meringis pelan, bila berteriak atau menangis akan dianggap tidak sopan, maka ketika ia mendapati klien tersebut menangis atau berteriak, maka perawat akan memintanya untuk bersuara pelan-pelan, atau memintanya berdoa atau malah memarahi pasien karena dianggap telah mengganggu pasien lainnya. Kebutaan budaya yang dialami oleh perawat ini akan berakibat pada penurunan kualitas pelayanan keperawatan yang diberikan. Agar tidak terjadi penurunan pelayanan terhadap masyarakat dan masyarakat tetap percaya dengan pelayanan kesehatan, maka perawat harus mampu memahami budaya masyarakat yang ada, mampu beradaptasi dengan baik, mampu berpikir secara kritis dan bertindak tepat.

2.      Aspek - aspek Dalam Berfikir Kritis
Berfikir merupakan suatu proses yang berjalan secara berkesinambungan. Namun, beberapa aktifitas kognitif atau mental dapat diidentifikasi sebagai komponen-komponen utama dalam berfikir kritis
a.       Mengajukan sebuah pertanyaan untuk menentukan alasan dan penyebab
b.      Mengumpulkan data
c.       Memvalidasi informasi yang tersedia
d.      Menganalisa informasi
e.       Menggunakan pengalaman dan pengetahuan klinis yang lalu
f.        Mempertahankan suatu sikap fleksibel
g.      Mempertimbangkan pilihan yang tersedia dan menilai tiap pilihan menurut keuntungan dan kerugian
h.      Merumuskan suatu keputusan.

Perawat harus menggunakan keterampilan berfikir kritis dalam semua keadaan :
·         Perawatan klinis, faktor-faktor yang dibawa oleh pasien dalam situasi perawatan kesehatan dipertimbangkan, dipelajari, dianalisa, dan diinterpretasikan.
·         Ambulatori
·         Perawatan extended dalam panti dan komunitas


B.     Trend dan Isuue dalam Transkultural Nursing
1.      Pengertian
·         Trend adalah sesuatu yang sedang di bicarakan oleh banyak orang saat ini dan kejadiannya berdasarkan fakta.
·         Issue adalah sesuatu yang sedang di bicarakan oleh banyak namun belum jelas faktannya atau buktinya.



2.      Contoh Trend dan Issue dalam Transkultural Nursing
a.      Kalkun
Ada mitos yang menyebutkan bahwa mengkonsumsi kalkun menyebabkan kantuk. Hal itu tidak benar, rasa kantuk seseorang disebabkan oleh kandungan tryptophan atau asam amino dalam tubuh. Daging kalkun tidak memiliki asam yang memungkinkan terciptanya zat – zat tersebut. Daging kalkun memiliki banyak kelebihan karena selain bergizi tinggi, dapat menyembuhkan penyakit. Di samping itu, daging kalkun membantu pertumbuhan dan kecerdasan anak. Masih banyak manfaat daging kalkun seperti mencegah penuaan dini. Daging kalkun diyakini memiliki kandungan protein 34,3 persen atau setara dengan dua kali daging sapi dan sangat baik untuk mengganti sel tubuh yang rusak.
Selain itu, daging kalkun memiliki kandungan asam amino dan lysine yang banyak dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan otak dan kecerdasan anak mulai 3-6 tahun. Daging kalkun mempunyai kandungan rendah lemak yang bisa menghindari kelebihan kolesterol. Daging kalkun juga mengandung energi yang lebih tinggi dari ayam maupun telur ayam.
b.      Kolostrum
Pada mitos yang salah disebutkan bahwa ASI pertama atau kolostrum (yang berwarna kekuningan) tidak baik bagi bayi, karena ASI pertama atau kolostrum adalah susu basi. Mitos tersebut sangat tidak benar. Kolostrum adalah zat terbaik bagi bayi. Kolostrum adalah cairan yang kaya dengan zat kekebalan tubuh dan zat penting lain yang harus dimiliki bayi. Bayi menyusui langsung akan merangsang ASI cepat keluar.
c.       Kedelai
Mitos bahwa jika ingin hamil hindari kedelai.mitos ini tidak benar. Anak adalah dambaan tiap pasangan suami istri. Namun untuk memperoleh keturunan sangatlah salah apabila menghindari kedelai agar hamil. Kacang kedelai dikenal sebagai makanan terbaik kadar proteinnya, dapat mencapai 35 persen daripada beratnya. Dikatakan bahwa kacang kedelai dibandingkan dengan beratnya dapat menghasilkan dua kali protein daging, empat kali telur, empat kali gandum, lima atau enam kali roti dan dua belas kali susu.
Ternyata protein kacang kedelai bukan saja jumlahnya yang banyak, tetapi juga mempunyai kualitas yang baik. Umumnya cukup dikenal bahwa protein hewani seperti daging, susu, dan telur adalah protein yang lengkap, sementara protein nabati adalah protein yang tidak lengkap. Tetapi ternyata protein kacang kedelai, walaupun termasuk protein nabati lebih mirip menggambarkan protein hewani dari pada protei nabati.
Penggunaan minyak kacang kedelai ternyata dapat menghindarkan penyakit jantung. Sebab utamanya adalah, oleh karena minyak kacang kedelai adalah sumber lechitin.
Berbagai penelitian yang dibuat menunjukkan bahwa lechitin dari kacang kedelai bila diberikan kepada binatang atau manusia dapat menurunkan kadar kolesterolnya.
Jumlah mineral – mineral dari 100 gram kacang kedelai sebagai berikut :
1)      Kedelai memiliki mineral yang tertinggi dari semua makanan, yaitu 3261 mg, dibandingkan dengan makanan berikut yang terbanyak hanya 2121 mg, yaitu terdapat dalam air tebu.
2)      Kacang kedelai mempunyai mineral kalium yang tertinggi dari semua makanan yaitu 1835 mg, sedangkan yang kedua tertinggi ialah buah apricot kering yang mengandung 1790 mg kalium.
3)      Setelah coklat pahit 292 mg, dan kacang mente 267 mg, kacang kedelai adalah sumber magnesium yang ketiga tertinggi dengan jumlah 225 mg.
4)      Kacang kedelai mengandung natrium yang rendah, hanya 4 mg saja.
5)      Kacang kedelai mempunyai kalsium yang kaya yaitu 227 mg, dikalahkan hanya oleh tujuh makanan yang lainnya.
6)      Setelah hati, (12.1 mg) kacang kedelai adalah sumber besi yang kedua tertinggi, dengan jumlah 8 mg.
Kedelai terkenal sebagai makanan antikanker. Dalam kedelai terdapat sejumlah zat yang secara bersama – sama saling menguatkan dalam menghabisi benih kanker. Senyawa inhibitor protease kedelai, yang punya nama khusus inhibitor Bowman-Birk, ampuh melumpuhkan berbagai jenis kanker. Daya bunuh kanker tersebut dibantu serat kasar kedelai, yang kadarnya lumayan tinggi (2 gram per 100 gram). Dalam hal melawan kanker, inhibitor protease dan serat kasar bekerja sama dengan genistein. Senyawa satu ini akan menghentikan pembentukan suatu enzim pemasok “makanan” bagi benih kanker dan merusak lintasan penyalurannya. Karena pasokan makanannya dihabisi, maka terhenti pulalah pertumbuhan kanker. Itulah sebabnya mengapa kedelai dipastikan mampu mencegah dan membantu penyembuhan segala jenis kanker. Dari kanker usus besar, kanker paru-paru, kanker kulit, kanker payudara, kanker prostat, hingga kanker darah (leukimia).
d.      Nanas dan Pisang
Ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi pisang dan nanas. Mitos ini sangat dipercaya oleh sebagian masyarakat di Jawa, karena bisa mengakibatkan keputihan. Konsumsi pisang dan nanas justru disarankan karena kaya akan vitamin C dan serat yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan melancarkan proses pembuangan sisa – sisa pencernaan. Adapun keputihan tidak selalu membahayakan. Saat hamil maupun setelah melahirkan adalah normal apabila ibu mengalami keputihan. Kecuali jika keputihan tersebut terinfeksi bakteri, jamur, & virus yang biasanya dengan keluhan gatal, bau, dan warnanya kekuningan atau kecoklatan.
Mungkin pernah mendengar bahwa nanas dan pisang menyebabkan keputihan? Padahal, tak ada bukti ilmiahnya. Jadi, sama sekali tidak beralasan karena takut dan membatasi diri untuk menyantapnya. Apalagi, tidak ada kaitan jelas antara mengonsumsi buah-buahan tersebut dan kerja organ-organ seksual, baik pria maupun wanita. Nanas dan pisang justru mengandung zat-zat tertentu yang dibutuhkan tubuh, terutama vitamin C dan kalium dalam pisang yang justru berkhasiat menahan cairan tubuh. Lagi pula kondisi basah sebetulnya merupakan pertanda alamiah bahwa pihak istri telah siap menerima kehangatan dari suaminya. Sementara kondisi kering malah akan menimbulkan lecet dan rasa sakit yang bakal menyiksa keduanya. Boleh dibilang yang paling berperan dalam hal ini adalah sensitivitas dan kekencangan otot-otot tubuh, terutama otot-otot dasar panggul yang melingkari tulang organ kelamin. Kedua hal inilah yang amat berperan menentukan daya cengkeram sekaligus meningkatkan kualitas hubungan suami-istri. Jadi, pada mereka yang sensitivitasnya tidak mengalami gangguan, tersentuh sedikit saja sudah akan terbangkitkan gairahnya. Jika pun menurun tingkat kepekaannya, entah pada bagian-bagian tertentu atau justru seluruh tubuh, masih memungkinkan untuk diterapi lewat pengobatan dan pelatihan. Sambil tak lupa menggali akar permasalahannya kenapa bisa terjadi demikian, mengingat akibatnya dirasakan secara fisik, meski awalnya bersifat psikis.
“Nanas mengakibatkan keguguran“ Pendapat ini belum dibuktikan secara medis. Tetapi bagi beberapa orang, nanas bisa menyebabkan gangguan lambung, terlebih asam lambung memang meningkat dikala hamil. Tentu orang yang sensitive lambungnya terhadap nanas, sebaiknya menghindari buah ini dikala hamil. Tetapi bagi mereka yang aman-aman saja terhadap nanas justru baik menyantap buah ini. Tak lain karena nanas mengandung vitamin A dan C serta mengandung enzim bromelin yang baik untuk mencerna protein. Apalagi bila nanas ada pada acar dan beberapa masakan dengan variasi olahan menggunakan nanas.
Pisang bisa membuat gemuk. Mungkin pernyataan ini sudah akrab di telinga Anda. Tetapi, apakah pernyataan ini benar? Pisang merupakan buah yang sarat gizi, hampir tidak mengandung lemak dan mudah dicerna. Karbohidrat didalam pisang sekitar 23-35%, lemak 0,2% dan seperti bahan nabati lainnya, pisang bebas kolesterol. Sebanyak 100 gram pisang akan memberikan kalori sebesar 120 kalori.
Buah ini juga kaya kalium dan mengandung magnesium, selenium, besi dan vitamin – vitamin serta bebas Natrium. Pisang kaya dengan vitamin B-6 yang dibutuhkan untuk kesehatan mental seseorang. Kekurangan vitamin B-6 ini dapat menyebabkan seseorang mudah lelah dan marah serta susah tidur.
Mengkonsumsi satu setengah buah pisang setiap hari akan mencukupi kebutuhan tubuh terhadap vitamin B-6 ini. Menyantap makanan kaya kalium dan vitamin B6, khususnya pisang segar (bukan pisang rebus atau pisang goreng) juga dapat mengurangi rasa nyeri, ngilu dan sakit pada persendian. Mengkonsumsi pisang 3-4 kali sehari bahkan dipercaya dapat membantu mengurangi gejala radang sendi (arthritis). Pisang merupakan makanan kaya kalium. Satu buah pisang berukuran sedang mengandung 467 mg kalium, yang memberikan 13% kebutuhan kalium harian. Data penelitian menunjukkan bahwa pengambilan kalium oleh tubuh berhubungan dengan efek penurunan tekanan darah.
Pada tahun 2001, FDA (Food and Drug Administration; semacam Badan POM di USA), menyetujui bahwa makanan yang merupakan sumber kalium dan rendah natrium barangkali dapat mengurangi resiko terjadinya peningkatan tekanan darah dan stroke. Sebagai sumber kalium, pisang dapat membantu mengurangi resiko peningkatan tekanan darah.
Di dalam New England Journal of Medicine bahkan disebutkan, bahwa mengkonsumsi satu buah pisang sehari dapat menurunkan resiko stroke sampai 40%. Jika anda merasa lesu di antara waktu makan, ambil saja pisang. Gula buah yang terkandung di dalamnya (yang tergolong karbohidrat sederhana), akan mudah dicerna dan masuk ke aliran darah sehingga menghasilkan energi instant. Selain itu, dengan pasokan kalium dari pisang, jaringan otot akan bertenaga kembali selama beberapa saat sebelum tubuh mendapatkan pasokan energi darurat dari makanan utama. Karena hal ini pula, tidak heran jika para atlet terutama atlet tennis seringkali mengkonsumsi pisang sebelum dan pada saat bertanding untuk pengusir lelah dan pemberi tenaga.
Didalam The Food Pharmacy oleh Jean Carper, pisang bahkan disebut sebagai makanan mujarab bagi penderita penyakit mag. Barangkali sifat spasmolitik pisang, yang menurunkan kerja lambung dan mengurangi sekresi enzim serta asam lambung, turut berperan dalam menghasilkan khasiat ini.Kandungan pektin yang tinggi didalam pisang juga dapat melindungi selaput lendir lambung terhadap pengaruh asam lambung dan enzim (pepsin). Pisang juga kaya serat makanan atau karbohidrat kompleks yang akan membantu memperlancar buang air besar dan sangat baik untuk mencegah kanker usus besar.
e.       Telur
Ibu hamil dilarang mengkonsumsi telur, karena dikhawatirkan ASI-nya berbau amis. Mitos tersebut tidak benar. Telur mengandung protein hewani yang sangat dibutuhkan ibu hamil. Selain itu, seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan bahaya kolesterol, selain daging, kuning telur kini termasuk makanan yang dihindari. Padahal, para ahli kini menyimpulkan bahwa telur tidak mempengaruhi kadar kolesterol secara signifikan. Bukan kolesterol yang mempengaruhi kadar kolesterol dalam darah, tetapi lemak jenuh. Telur diketahui hanya mengandung sedikit lemak jenuh. Mengkonsumsi telur bisa memperbaiki kadar lipid (kolesterol) seseorang yang kolesterolnya naik saat mengkonsumsi makanan kaya kolesterol.
Ada begitu banyak nutrisi penting dalam sebutir telur. Sebut saja choline, yang sangat penting untuk fungsi otak dan kesehatan. Satu buah kuning telur mengandung lebih dari 25 persen kebutuhan choline setiap hari. Orang dewasa membutuhkan 425 gram choline per hari, sedangkan anak balita butuh 250 gram per hari. Sebuah penelitian mengungkapkan konsumsi choline yang cukup bias menurunkan risiko kanker payudara.
Telur juga mengandung antioksidan serta lutein yang membantu mencegah gangguan penglihatan akibat penuaan dan katarak. Kadar lutein dalam telur bahkan lebih banyak dibanding pada sayuran berdaun hijau. Telur mempunyai kandungan zat gizi yang cukup tinggi, antara lain mengandung delapan asam amino esensial yang baik untuk pertumbuhan anak dan kesehatan tubuh. Selain itu, telur juga mengandung mineral selenium (Se). Pria membutuhkan asupan selenium untuk pembentukan kualitas dan kuantitas sperma. Satu butir telur dapat menghasilkan 10 persen dari total kebutuhan tubuh terhadap selenium. Telur juga mengandung vitamin D yang dapat membantu penyerapan kalsium untuk pembentukan tulang. Selain itu, telur juga mengandung vitamin E. Kombinasi antara selenium dan vitamin E berperan sebagai antioksidan yang dapat mengurangi risiko kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas.Telur juga diketahui sebagai sumber vitamin B12, vitamin B6, dan folat yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh dan melindungi sel – sel saraf. Kekurangan vitamin B12 dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan sel – sel saraf. Wanita hamil yang kekurangan vitamin B12 mempunyai risiko anaknya akan mengalami kerusakan pada sistem saraf.
f.        Jeruk
Ada mitos yang menyatakan bahwa jeruk menyebabkan meningkatkan lendir pada paru bayi dan resiko kuning saat bayi lahir. Justru jeruk sumber vitamin C yang tinggi. Kandungan jeruk bukan hanya vitamin C tinggi, tetapi juga potasium, folat, kalsium, thiamin, niacin, vitamin B6, fosfor, dan lain sebagainya. Kelebihan jeruk, mengandung serat tinggi. Walau begitu, tidak mengandum sodium, lemak, dan kolesterol, karena itu aman bagi yang berdiet. Serat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam plasma dengan cara mengganggu proses reabsorpsi asam empedu. Vitamin C dalam jeruk berperan menyerap zat besi non-organik (zat besi dari makanan non – hewani), sehingga dapat mencegah dan membantu penyembuhan penyakit. Vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel serta penyakit jantung dan kanker. Vitamin C berguna sekali bagi mereka yang menderita infeksi atau penyakit yang telah berlarut – larut.
g.      Makanan Laut
Mungkin kita sering mendengar ungkapan bahwa ibu hamil dilarang mengkonsumsi ikan laut karena menyebabkan ASI berbau amis dan luka jahitan sulit kering. Mitos tersebut tidak benar. Justru ikan laut mengandung protein yang sangat dibutuhkan ibu hamil untuk mengganti sel – sel rusak.
Ada juga pernyataan bahwa salah satu cara menurunkan kolesterol dengan pantang makanan laut. Tidak perlu menghindari makanan laut sama sekali. Kuncinya adalah konsumsi dalam jumlah wajar karena makanan laut memang mengandung kolesterol. Kadar kolesterol dalam tubuh sebagian besar dipengaruhi oleh lemak jenuh dan trans fatty acid. Keduanya ini terdapat dalam daging merah dan makanan kemasan olahan. Trans fatty acid terdapat di snack kemasan, gorengan, atau margarin yang berisi minyak hydro genated.
Protein, zat besi, serta asam lemak omega-3 dalam makanan laut bisa membantu meningkatkan pertumbuhan otak bayi. Menurut penelitian yang dilakukan di Inggris, kekurangan konsumsi makanan laut selama masa kehamilan bisa mengakibatkan lemahnya kemampuan verbal, gangguan perilaku, serta masalah tumbuh kembang lain pada anak.
Ikan dan kerang – kerangan saat ini sudah terbukti merupakan makanan yang baik untuk otak. Makanan – makanan tersebut mengandung asam lemak esensial yang bermanfaat, yakni Omega-3, serta sejumlah vitamin, mineral,dan asam amino. Asam lemak omega-3 jenin DHA dan EPA yang banyak ditemukan dalam ikan berminyak terbukti berperan sangat penting untuk kesehatan dan perkembangan fungsi saraf dan otak. Minyak hati ikan cod yang menjadi favorit pada zaman dulu, ternyata bukanlah sumber utama lemak esensial untuk anak- anak karena sisa polutan yang tersimpan dalam hati ikan cod.
Asam lemak esensial tidak dihasilkan di dalam tubuh, karena itu kita harus mendapatkannya dari luar, yaitu dari makanan. Ada kekhawatiran bahwa makanan modern tidak mengandung cukup lemak Omega-3. Kekurangan zat gizi ini dikaitkan dengan lemahnya konsentrasi dan memori, disleksia, masalah perilaku, kesulitan belajar, juga hiperaktif pada beberapa anak yang sensitive.
Ikan juga merupakan sumber kolin, yaitu nutrisi yang diperlukan (bersama lesitin dan vitamin B kompleks) untuk menghasilkan bahan kimia asetilkolin di otak, agar memori dapat bekerja cepat dan meningkatkan kemampuan belajar. Kerang – kerangan merupakan sumber seng, mineral penting bagi kemampuan memori dan konsentrasi otak. Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan sedikit saja seng dapat mengakibatkan ketidakseimbangan fungsi mental. Akibatnya, anak menjadi sensitif, suasana hati mudah berubah, dan hilang nafsu makan. Bila kekurangan tersebut teratasi, biasanya kemampuan memori akan membaik kembali. Hidangan laut juga mengandung asam amino tirosin, yang dikaitkan dengan peningkatan energi mental dan kewaspadaan jika digunakan bersama vitamin B kompleks dalam jumlah cukup, yang penting untuk produksi energi.
h.      Daging Kambing
Benarkah ibu hamil dilarang mengkonsumsi daging kambing ? Jawabannya adalah ibu hamil boleh saja mengkonsumsi daging kambing dengan porsi yang wajar, kecuali ibu hamil yang menderita kelebihan kolesterol atau penyakit jantung.
Daging kambing mentah memiliki kandungan lemak 50 persen hingga 60 persen lebih rendah dibandingkan dengan daging sapi, akan tetapi kandungan proteinnya hampir sama. Daging kambing juga memiliki kandungan lemak 42 persen hingga 59 persen lebih rendah jika dibandingkan dengan daging domba.
Hal yang sama untuk daging kambing yang sudah dimasak, presentase lemak jenuh daging kambing 40 persen lebih rendah jika dibandingkan dengan daging ayam (tanpa kulit) dan masing – masing 850 persen, 1100 persen, dan 900 persen lebih rendah jika dibandingkan dengan daging sapi, babi, dan domba.
Kandungan kolesterol daging kambing ternyata hampir sama dengan daging sapi, domba, babi, dan ayam dan lebih rendah jika dibandingkan dengan beberapa produk susu dan daging ayam olahan dan makanan laut.
Daging kambing mengandung kolesterol sebanyak 76 mg persen, sedangkan untuk daging sapi, ikan, dan domba adalah 70 mg persen. Kandungan kolesterol daging babi dan ayam adalah 60 mg persen. Daging kambing juga sumber lemak yang sehat dengan risiko mengkonsumsi kolesterol yang minimum. Di samping itu, daging kambing mengandung lebih banyak zat besi, potasium dan tiamin yang berhubungan dengan kandungan garam yang lebih rendah.
Daging kambing mengandung semua asam amino esensial dan mengandung lebih rendah kalori. Oleh karena itu, daging kambing tergolong ke dalam bahan makanan yang bersahabat dan sehat untuk dikonsumsi, asalkan saja tidak secara berlebihan.
i.        Yoghurt
Ibu hamil tidak boleh minum yoghurt. Tidak ada penelitian yang mendukung pernyataan ini. Jadi pernyataan ini hanya mitos belaka. Lagipula yoghurt itu baik untuk melancarkan pencernaan ibu hamil. Yang mana semenjak dalam kehamilan tidak jarang ibu hamil mengalami namanya sembelit.
Yoghurt memiliki gizi yang lebih tinggi dibanding susu segar. Kandungan lemaknya pun juga lebih rendah, sehingga cocok bagi mereka yang sedang menjalankan diet rendah kalori. Yoghurt juga dapat membantu proses penyembuhan lambung dan usus yang luka. Meminum yoghurt secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu juga yoghurt diyakini baik untuk memperpanjang umur.
Yoghurt dapat membantu penderita lactose intolerance. Penyebabnya adalah defisiensi/kekurangan enzim pencerna laktosa. Sehingga setiap kali minum susu, butiran laktosanya akan tertinggal di permukaan lubang usus halus dan menyerap air dari sekitarnya yang kemudian memunculkan diare. Dalam yoghurt, laktosa susunya sudah dipecah oleh bakteri baik Lactobacillus bulgaricus melalui proses fermentasi, hingga mudah diserap tubuh. Itulah mengapa yoghurt sangat disarankan sebagai pengganti susu bagi orang / anak yang tidak mampu mencerna laktosa dengan baik. Dengan minum yoghurt, anda dan si kecil tidak akan diare lagi.
Yoghurt dapat menghambat pathogen flora usus pengonsumsi yoghurt terbukti sulit ditumbuhi kuman – kuman patogen atau kuman yang dapat menyebabkan penyakit. Dengan terhambatnya pertumbuhan sekaligus matinya mikroba patogen dalam lambung dan usus halus bisa menghindari munculnya berbagai penyakit akibat infeksi atau intoksikasi mikroba. Dengan kata lain, mengonsumsi yoghurt secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.
Mengkonsumsi antibiotik memang berfungsi mematikan kuman, namun ia tidak pandang bulu mana kuman yang perlu dibunuh dan mana yang sebetulnya tidak perlu dimusnahkan.sebenarnya ada kuman yang harus berada di saluran cerna guna menjaga keseimbangan flora usus. Yoghurt dapat menetralisir efek samping antibiotik ini.Yoghurt sebagai antikanker saluran cerna. Bakteri-bakteri yang berperan dalam yoghurt dapat mengubah zat-zat prekarsinogenik (zat-zat pemicu kanker) yang ada dalam saluran pencernaan, hingga mampu menghambat terjadinya kanker.
Yoghurt dapat mencegah jantung koroner. Bakteri baik yakni, Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus yang terdapat dalam yoghurt, akan menghasilkan asam folat dan vitamin B kompleks, kedua vitamin ini berguna mencegah munculnya penyakit jantung koroner.




BAB III
PENUTUP


Kesimpulan
Berpikir kritis dalam transkultural keperawatan merupakan suatu kegiatan penyelidikan, pemecahan masalah, proses berpikir, yang mana terdapat tujuan yang jelas, abstrak, sesuai dengan teori, realistis, dapat diyakini, dan semuanya ini berhubungan langsung dengan kebudayaan-kebudayaan masyarakat seperti menghargai kebudayaan mereka, melakukan tindakan keperawatan yang tepat sesuai dengan teori dan kepercayaan serta nilai budaya dan tentunya tidak melenceng dari dunia keperawatan, bagaimana perawat profesional dapat memecahkan suatu masalah dalam persoalan keperawatan terhadap klien-klien yang berbeda budaya, kemudian bagaimana perawat dapat beradaptasi dengan baik terhadap klien agar dalam pelayanan keperawatan maupun kesehatan tidak terjadi ketidaknyamanan dari diri klien maupun perawat.



















DAFTAR PUSTAKA


Efendi, Ferry dan Makhfudli. 2009. Keperawatan Kesehatan Komunitas Teori dan Praktik dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

0 comments :

Post a Comment