RENCANA ASUHAN KEPERAWATAN SEKOLAH
No.
|
Diagnosa Keperawatn Komunitas
|
Tujuan
|
Sasaran
|
Rencana Kegiatan
|
Hari/tanggal
|
Tempat
|
Evaluasi
|
|
Kriteria
|
Standar
|
|||||||
1.
|
Kebutuhan pihak sekolah
tentang pengelolaan UKS dan PHBS b/d tidak adanya pelatihan dan pemantauan
yang diberikan oleh ppihak puskesmas.
|
Setelah dilakukan
tindakana keperawatan 1 bulan diharapkan :
-
Pengelola UKS Jaya Sari mengethui program sebaiknya ada di UKS
-
Pihak sekolah yang terdiri dari guru dan murid mngethui tentang PHBS
|
Pihak sekolah yang terdiri
dari guru dan murid
|
-
Penyuuhan tentang program UKS dan PHBS bagi guru dan murid di SDN Jaya
Sari
-
Supervisi oleh pihak puskesmas tentang pelaksanaan program UKS dan
PHBS
|
Kamis, 20 Maret 2014
|
Ruangan serba guna SDN
Jaya Sari
|
-
UKS SDN Jaya Sari memiliki program yang baik an terencana
-
Pihak sekolah (guru dan murid) memiliki kesadarn untuk berperilaku
hidup bersih dan sehat.
|
-
Adanya pemeriksaan dini kesehatan
-
Adanaya pemantauan lingkungan sekolah oleh pihak UKS
-
Memelihara kebersihan kelas, WC dan lingkungan sekolah
-
Memperhatikan penampilan diri
|
2.
|
Kurangnya kesadaran pihak
sekolah terhadap kesehatan lingkungan b/d rendanya pengawasan dari pihak
puskesmas
|
Setelah dilakukan tindakan
keperawatan selama 1 bulan :
-
Pihak sekolah (kepsek, guru, pengelola UKS dan peserta didik) mau
memodifikasi lingkungan dengan memperbaiki sarana yang ada di sekolah
-
Pihak sekitar sekolah mau memantu pihak sekolah untuk memlihara dan
memperbaiki lingkungan sekolah
|
Pihak sekolah yang terdiri
dari kepala sekolah, guru, pengelola UKS, murid dan pihak di sekitar
lingkungan sekolah
|
Penyuluhan tentang
kesehatan lingkungan sekolah, meliputi :
-
Pemeliharaan saran fisik dan lingkungan sekolah
-
Melakukan pengadaan sarana sekolah yang mendukung terciptanya
lingkungan yang bersih dan sehat
-
Menganjurkan pihak sekolah untuk melakukan kerja sama dengan
masyarakat sekitar sekolah untuk melakukan penataan halaman pekrangan, apotik
hiup dan pasar sekolah yang aman
-
Menganjurkan pihak sekolah untuk menggerakkan pemeliharaan dan
pengawasan lingkungan sekolah seperti pengelolaan sampah, saluran air limbah,
kebersihan jamban, dan kamar mandi, kebersihan kantin sekola, ruang UKS dan
runag kelas.
|
Kamis, 20 Maret 2014
|
Rung serbaguna SDN Jaya
Sari
|
-
Pihak sekolah melakukan penaan ulang terhdap lingkungan sekolah dan
memperbaiki saran yang sudah ada
-
Pihak sekolah dan lingkungan sekitar mau untuk memlihara kebersihan
lingkungan sekolah
|
-
Memiliki sanitasi dan air bersih yang cukup
-
Terciptanyapekarangan sekolah yang aman
-
Terciptanya proses pembeljaran yang dapat menciptakan lingkungan
psiososila yang seat bagi seluruh masyarakat sekoalh.
|
3.
|
Kurangnya program dalam
pemlanan UKS b/d minimnya pengelolaan UKS
|
Meningkatkan kesadaran
pihak sekolah terhadap pelayanan program UKS/ meningkatkan kualitas sumber
daya manusia melaui pembinaan pelayanan kesehatan anak usia sekolah.
|
Pihak sekolah yang terdiri
dari guru
|
Pihak pimpinan sekolah
mengajak bicara atau berdialog dengan guru, komite sekolah dan tim pelaksana
atau Pembina UKS tentang :
-
Maksud, tujuan dan manfaat penerapan program UKS (seperti penerpan
PHBS) di sekolah
-
Meminta msukan tentang penerpana program UKS di sekolah, antispasi
kendala sekaligus alternative solusi
-
Menetapkan penanggung jawan program UKS di sekolah dan mekanisme
pengawasannya
-
Membahas cara sosialisai yang efektif bagi sisw, warga, warga sekolah
dan masyarakat sekolah
-
Pimpinan sekolah membentuk kelompok kerja penyusunan kebjakan program
UKS
-
Menjalin kerja sama lintas program dan lintas sektoral dengan
memperhatikan keijakan operasional yang teah ditentukan, seperti pelayanan keseatan
di sekolah kepada peserta didik dan masyarakat sekolah liannya dan bekerja
sama dengan tim Pembina UKS kecmatan dan masyarakat di sekitar sekolah
-
Melakukan penataran guru UKS sebagai bagian dari pendelegaisan
wewenang di setiap SD/sekolah
|
Kamis, 20 maret 2014
|
Ruang serba guna SDN Jaya
Sari
|
-
Pihak sekolah dapat memberikan pelayanan program UKS yang telah
terstruktur dan berkesinambungan
-
Guru dan perawat kecil dapat memberikan pelayanan program UKS terbaik
|
-
Adanya pengkajian dan screening siswa sekolah seara periodic
-
Adanya penemuan kasus
-
Adanya pelayanan konselig pada siswa sekolah
-
Adaya kegiatan promosi kesehatan
-
Adanya upaya pencegahan penyakit
-
Staf melakukan manajemen kasus
-
Adanaya peayanan keperawatan emergensi
|