BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG
Pemasaran adalah suatu kegiatan
penyaluran barang atau jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen. Pemasaran
merupakan suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok
memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan
pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
B.
RUMUSAN MASALAH
1. Jelaskan Definisi Marketing.
2. Jelaskan Prinsip Marketing.
3. Jelaskan
Marketing Plan.
C.
TUJUAN
1.
Menjelaskan Definisi
Marketing?
2.
Menjelaskan Prinsip
Marketing?
3.
Menjelaskan Marketing Plan?
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Definisi Marketing
Pemasaran adalah salah
satu kegiatan dalam perekonomian yang membantu dalam menciptakan nilai ekonomi.
Nilai ekonomi itu sendiri menentukan harga barang dan jasa. Faktor penting
dalam menciptakan nilai tersebut adalah produksi, pemasaran dan konsumsi. Pemasaran
menjadi penghubung antara kegiatan produksi dan konsumsi.
Banyak ahli yang telah memberikan definisi atas
pemasaran ini. Definisi yang diberikan sering berbeda antara ahli yang satu
dengan ahli yang lain. Perbedaan ini disebabkan karena adanya perbedaan para
ahli tersebut dalam memandang dan meninjau pemasaran. Dalam kegiatan pemasaran
ini, aktivitas pertukaran merupakan hal sentral. Pertukaran merupakan kegiatan
pemasaran dimana seseorang berusaha menawarkan sejumlah barang atau jasa dengan
sejumlah nilai keberbagai macam kelompok social untuk memenuhi kebutuhannya.
Pemasaran sebagai kegiatan manusia diarahkan untuk memuaskan keinginan dan
kebutuhan melalui proses pertukaran.
Definisi pemasaran ini bersandar pada konsep inti
yang meliputi kebutuhan (needs), keinginan (wants), dan
permintaan (demands).
B.
Prinsip Marketing
Prinsip-prinsip marketing sebagai berikut :
1. Cintai Customer dan hormati competitor
Kita bisa meniru
yang baik dari competitor
2.
sensitive
terhadap perubahan + siap mengubah diri
glibalisasi dan
teknologi membuat costumer semakin pintar. Jika kita tidak berubah maka kita
akan di ubah (kalah)
3.
membangun
dan menjaga nama baik
dimarketing ada
istilahya ‘BRAND NAME IS EVERYTHING”
sering kali brand menjadi pertimbangan dalam memilih produk/jasa.
4.
Customer
itu berbeda
Perlakukan
sesuai dengan kebutuhan
5. Selalu memberikan produk yang terbaik
Dengan harga
pantas , jangan pernah menjual produk jelek dengan harga yang tingi
6.
Selalu
ada kabar gembira
Marketing
adalah good news
7. Dapatkan pelanggan , pelihara hubungan dan berkembang
bersama
Pastikan
customer selalu puas dari pelayanan yang kita berikan KEEP THE CUSTOMERS
8. Apa pelayan kita
Customer
satisfaction
9. Apa pelayanan kita
Kita sudah janji
, maka tepati , kita harus bertanggung jawab dalam janji
10. Gunakan informasi yang relavan
Dunia terus
berubah , kita harus berubah dan terus belajar dan kita mendapatkan informasi
yang relavan agar kondisi saat ini , sehingga keputusan yang di ambil bisa
lebih cepat
C.
Marketing Plan
Tujuan rencana pemasaran adalah untuk merencanakan kerja
anda dan melaksanakannya. Nasihat filosofi bisnis ini akan membantu anda
untuk berhasil di berbagai aktivitas – termasuk pemasaran.
Rencana pemasaran adalah strategi bisnis untuk menjual dan
memasarkan produk dan/atau jasa. Dalam level mikro, rencana pemasaran akan
mengubah produk menjadi sesuatu yang akan mengisi celah pasar dan memenuhi
kebutuhan pelanggan. Rencana ini juga akan merincikan harapan penjualan, saham
pasar, dan sebagainya. Rencana ini sangat rinci dan spesifik. Hal-hal yang
termasuk di dalamnya adalah waktu penjualan, aktivitas-aktivitas pengiklanan,
pemberian harga, dan upaya-upaya pendistribusian. Selain itu, rencana pemasaran
juga menyatakan secara tepat apa yang dapat dilakukan bisnis dalam peluncuran
produk baru dan mendukung produk-produk sebelumnya. Bagaimana rencara akan
dilaksanakan dan apa hasilnya juga tertulis dalam rencana pamasaran. Rencana
ini adalah dokumen rahasia yang biasanya terjilid. jadi Apa sajakah yang
termasuk dalam rencana pemasaran.
1) Executive summary/ringkasan
pelaksanaan.
Bagian ini menekankan tujuan-tujuan utama dan rekomendasi-rekomendasi rencana
pemasaran. Lalu, rencana ini juga harus menjelaskan tentang dana yang
diperlukan dan bagaimana kesuksesan bisnis akan diukur.
2) Analisa tentang keadaan terkini. Bagian ini mengandung kekuatan,
kelemahan, kesempatan, dan persaingan bisnis.
3) Penaksiran terfokus pada kesempatan
bisnis. Yang
termasuk di dalamnya adalah macam-macam golongan bisnis. Di sini, harus
dicantumkan juga, apa yang dibutuhkan oleh pelanggan dan tantangan-tantangan
bisnis yang perlu dihadapi.
4) Tujuan keuangan dan pemasaran. Yang tercantum di bagian tujuan
keuangan adalah pengharapan kenaikan keuntungan anda. Juga, cantumkan
pengharapan laba pada akhir masa perencanaan. Yang termasuk di dalam tujuan
pemasaran adalah jumlah unit penjualan atau saham pasar yang akan anda
dapatkan.
5) Ringkasan strategi pemasaran. Bagian ini mengandung target pasar
anda. Jelaskan bagaimana produk anda akan diposisikan, didistribusikan, dan
diberi harga. Juga jelaskan bagaimana anda bisa mencapai tujuan marketing
anda. Misalnya, dengan mengorganisasi bagian penjualan, menggunakan
potongan harga, mengadakan iklan kampanye nasional, dan sebagainya. (Baca
artikel 80 Small Business Marketing Tactics di website kami)
6) Anggaran pemasaran bulanan. Yang termasuk di sini, bagaimana
anda membiayai rencana pemasaran anda tiap bulan. Beraga harga pemasaran?
Berapa pemasukan yang dihasilkan dari rencana pemasaran? Atau berapa banyak
barang yang bisa anda jual?
Menjalankan rencana pemasaran
dimulai dari menentukan siapa pelanggan anda. Setelah mengetahui kepada siapa
anda akan menjual barang anda, 4 macam alat pemasaran bisa digunakan untuk
mencapai tujuan. 4 alat itu adalah Product, Place, Price
and Promotion, atau Produk, Tempat, Harga, dan Promosi.
“Produk” adalah apa yang
perusahaan tawarkan kepada pelanggan. Ini adalah fokus dari pemasaran. Jelaskan
secara rinci tentang apa yang perusahaan sediakan kepada pelanggan. Selain itu,
jelaskan juga tentang tawaran-tawaran abstrak. Apakah pelanggan akan
mendapatkan garansi? Pada dasarnya, produk adalah keseluruhan dari apa yang
anda tawarkan ke pelanggan.
Di bawah ini adalah beberapa cara
bagaimana anda bisa mengkategorikan produk anda:
·
Bentuk
– ukuran, rupa, struktur jasmani.
·
Ciri-ciri
– tambahkan aplikasi-aplikasi baru ke layanan/produk anda.
·
Kualitas
pelaksanaan – level dari fungsi produk dan layanan anda.
·
Kemantapan
kualitas – semua produk anda harus mempunyai kualitas yang sama.
·
Daya
tahan – berapa lama produk dapat bertahan.
·
Keandalan
– jangan biarkan produk anda gagal berfungsi.
·
Gaya
– bagaimana pelanggan melihat dan merasakan produk.
Anda
juga bisa membedakan produk anda dengan menawarkan layanan spesial. Beberapa
contohnya:
·
Kemudahan
pemesanan – bagaimana pelanggan dapat dengan mudah memesan.
·
Pengiriman
– seberapa cepat produk dapat dikirim.
·
Melatih
pelanggan – apakah perusahaan anda menawarkan untuk melatih pelanggan untuk
menggunakan produk atau tidak.
·
Konsultasi
pelanggan – apakah perusahaan akan menawarkan anjuran-anjuran atau tidak.
·
Pemeliharaan
dan perbaikan – bagaimana perusahaan membantu pelanggan untuk menjaga agar
barang tetap bekerja dengan baik.
Perhatikan
Rancangan produk harus berdasarkan dari pengertian yang
mendalam tentang apa yang pelanggan perlukan, inginkan, dan harga yang mereka
hendaki, sesuai dengan hasil dari pengertian dan penelitian pasar.
“Tempat” adalah titik penjualan dan pendistribusian
produk atau layanan. Tempat bisa berarti toko eceran, jaringan distribusi
nasional, situs e-commerce, katalog, ato lainnya. Penting untuk diketahui bahwa
ada banyak cara untuk mencapai pelanggan anda. Pastikan bahwa yang anda pilih
adalah yang termudah bagi pelanggan. Jika pelanggan ingin membeli lewat
internet, anda pun harus menjual dari internet
“Harga” adalah jumlah uang di mana pelanggan rela
memberikan sebagai ganti dari produk. Penentuan harga sangat rumit. Bila anda
menjual dengan harga terlalu rendah, anda akan meningkatkan penjualan tetapi
dengan hasil kecil. Bila harga terlalu tinggi, pelanggan anda akan membeli dari
saingan anda. Cara yang baik untuk menentukan harga adalah dengan melihat
keadaan pasar sekitar: Anda dapat memberi harga tinggi bila produk diterima
pelanggan sebagai barang baru, unik, dan tidak ada penggantinya. Tetapi anda harus
menurunkan harga bila terdapat banyak saingan dan barang pengganti.
“Promosi” menjelaskan tentang aktivitas-aktivitas
komunikasi yang digunakan untuk memastikan bahwa pelanggan tahu tentang tawaran
perusahaan, mempunyai kesan baik terhadap produk, dan akhirnya melakukan
transaksi. Promosi bisa berupa macam-macam bentuk seperti iklan TV, promosi,
telemarketing, dan sebagainya.
Ada kemungkinan rencana pemasaran anda tidak berjalan
sesusai dengan renaca awal. Contoh-contoh hal yang dapat terjadi:
1. Pelanggan menggunakan produk untuk
sesuatu yang berbeda
2. Permintaan pasar lebih rendah dari
yang diharapkan
3. Saingan-saingan anda mendahului anda
4. Biaya pemasaran lebih tinggi dari
yang diharapkan
Untuk
mengontrol rencana anda, pastikan untuk mengawasi kemajuan anda terus-menerus.
Lebih tepatnya, pastikan untuk selalu periksa rencana, keuntungan,
kedayagunaan, dan strategi.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Pemasaran adalah
salah satu kegiatan dalam perekonomian yang membantu dalam menciptakan nilai
ekonomi. Tujuan rencana pemasaran adalah untuk merencanakan kerja anda dan melaksanakannya.
Nasihat filosofi bisnis ini akan membantu anda untuk berhasil di berbagai
aktivitas – termasuk pemasaran.Rencana pemasaran adalah strategi bisnis untuk
menjual dan memasarkan produk dan/atau jasa.
B. Saran
Rancangan produk harus berdasarkan
dari pengertian yang mendalam tentang apa yang pelanggan perlukan, inginkan,
dan harga yang mereka hendaki, sesuai dengan hasil dari pengertian dan
penelitian pasar. Untuk mengontrol rencana anda, pastikan untuk mengawasi
kemajuan anda terus-menerus. Lebih tepatnya, pastikan untuk selalu periksa
rencana, keuntungan, kedayagunaan, dan strategi.
DAFTAR PUSTAKA