SENAM KEGEL

 

A.  Pengertian
Kegel adalah nama dari latihan untuk menguatkan otot dasar panggul. Penemunya yaitu seorang dokter kebidanan dan kandungan bernama dr. Arnold Kegel pada 1945.
Kegel adalah suatu latihan otot dasar panggul Puboccoccygeus (PC) atau Pelvic Floor Muscle yang semula dipergunakan untuk terapi pada wanita maupun pria yang tidak mampu mengontrol keluarnya urin. Bagi wanita yang tidak terlatih otot PCnya akan mengalami penurunan uterus akibat melemahnya atau menipisnya otot PC.
B.  Kegunaan Senam Kegel
1.     Untuk wanita dapat mencegah prolaps uteri (turunnya rahim).
2.    Mengencangkan otot - otot vagina mengakibatkan kepekaan rangsang vagina bertambah.
3.    Pada pria juga dapat meningkatkan kemampuan mengontrol dan mengatasi ejakulasi dini serta ereksi lebih lama.
4.    Memberikan khasiat luar biasa untuk seseorang mencapai multiorgasme yang belum pernah dialami sebelumnya.
5.    Pada pria, mengatasi urge incontinence yaitu keinginan berkemih yang sangat kuat sehingga tidak dapat mencapai toilet tepat pada waktunya.
6.    Menguatkan otot - otot yang mengontrol alur dari urin (air seni). Pada umumnya disarankan bagi pria atau wanita yang memiliki masalah inkontinensia urin (tidak mampu menahan BAK).
7.    Pada pria, latihan ini akan mengangkat testis dan mengencangkan otot kremaster sama seperti mengencangkan anus sphincter. Hal ini disebabkan karena otot Puboccoccygeus (PC) dimulai dari daerah sekitar anus.

0 comments :

Post a Comment