SAP TERAPI BERMAIN
Topik : Belajar Melipat Kertas
(origami)
Sasaran : Klien berusia pra sekolah (3-5
tahun)
Waktu : 30 menit
Tempat : Ruang perawat anak Mini Hospital
A. Tujuan
1.
TIU (Tujuan Instruksional Umum)
Setelah
diajak bermain, di harapkan anak dapat mengembangkan kreatifitas dan menjadi
lebih aktif melaui pengalaman bermain, dan anak dapat beradaptasi dengan
lingkungan dan bergaul dengan teman sebayanya.
2.
TIK (Tujuan Instruksional Khusus)
Setelah
diakaj bermain, anak diharapkan sebagai berikut :
a.
Mengembangkan kreatifitas
b.
Mengembangkan sosialisasi atau bergaul
c.
Mengembangkan daya imajinasi
d.
Menumbuhkan sportivitas
e.
Mengembangkan kepercayaan diri
B. Perencanaan
1.
Jenis Program Bermain
Belajar melipat kertas
dengan kertas lipat (origami) yang telah tersedia.
2.
Karakteristik Bermain
a.
Melatih motorik halus
b.
Melatih kesabaran, keterampilan dan
ketelitian
3.
Karakteristik Peserta
a.
Usia 3-5 tahun
b.
Jumlah peserta : 1-3 orang anak
c.
Keadaan umum mulai membaik
d.
Klien dapat duduk
e.
Peserta kooperatif
4.
Metode : demonstrasi
5.
Media
a.
Kertas lipat (origami)
b.
Benang
c.
Gunting
d.
Jarum
6.
Denah
Lokasi
Perawat
Anak 1 Anak 3
Anak 1
|
C. Strategi
Pelaksanaan
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Media
|
1
|
Persiapan
Ø Menyiapkan
ruangan
Ø Menyiapkan
alat
Ø Menyiapkan
peserta
|
5
menit
|
Peralatan
bermain
|
2
|
Pembukaan
Ø Beri
salam pembuka
Ø Memperkenalkan
diri
Ø Sesama
anak saling berkenalan
Ø Menjelaskan
maksud dan tujuan
|
5
menit
|
|
3
|
Kegiatan
Bermain
Ø Anak
diminta mengambil kertas lipat
Ø Kemudian
bantu anak untuk melipat bentuk yang mudah
Ø Bantu
anak untuk melubangi hasil lipatannya dengan jarum
Ø Potong
benang ±10 cm
Ø Gantung
hasil lipatan anak di tempat yang dapat dijangkau olehnya
|
15
menit
|
Peralatan
bermain
|
4
|
Penutup
Ø Memberi
reward pada anak atas hasil karyanya.
Ø Memberi
reward yang lebih untuk anak yang hasil karyanya paling bagus
Ø Memberi
salam penutup
|
5
menit
|
D. Evaluasi
1. Anak
dapat menyelesaikan satu bentuk lipatan dan kemudian digantung
2. Anak
dapat aktif dan mengikuti kegiatan
3. Anak
merasa senang dan gembira
4. Mengurangi
rasa takut anak pada perawat