SAP TERAPI BERMAIN

Topik               : Belajar Melipat Kertas (origami)
Sasaran            : Klien berusia pra sekolah (3-5 tahun)
Waktu             : 30 menit
Tempat            : Ruang perawat anak Mini Hospital

A.       Tujuan
1.        TIU (Tujuan Instruksional Umum)
Setelah diajak bermain, di harapkan anak dapat mengembangkan kreatifitas dan menjadi lebih aktif melaui pengalaman bermain, dan anak dapat beradaptasi dengan lingkungan dan bergaul dengan teman sebayanya.
2.        TIK (Tujuan Instruksional Khusus)
Setelah diakaj bermain, anak diharapkan sebagai berikut :
a.          Mengembangkan kreatifitas
b.         Mengembangkan sosialisasi atau bergaul
c.          Mengembangkan daya imajinasi
d.         Menumbuhkan sportivitas
e.          Mengembangkan kepercayaan diri

B.       Perencanaan
1.        Jenis Program Bermain
Belajar melipat kertas dengan kertas lipat (origami) yang telah tersedia.
2.        Karakteristik Bermain
a.          Melatih motorik halus
b.         Melatih kesabaran, keterampilan dan ketelitian
3.        Karakteristik Peserta
a.          Usia 3-5 tahun
b.         Jumlah peserta : 1-3 orang anak
c.          Keadaan umum mulai membaik
d.         Klien dapat duduk
e.          Peserta kooperatif
4.        Metode : demonstrasi
5.        Media
a.         Kertas lipat (origami)
b.         Benang
c.         Gunting
d.        Jarum
6.        Denah Lokasi

   Perawat

Anak 1                           Anak 3
      Anak 1

C.       Strategi Pelaksanaan
No
Kegiatan
Waktu
Media
1
Persiapan
Ø  Menyiapkan ruangan
Ø  Menyiapkan alat
Ø  Menyiapkan peserta
5 menit
Peralatan bermain
2
Pembukaan
Ø  Beri salam pembuka
Ø  Memperkenalkan diri
Ø  Sesama anak saling berkenalan
Ø  Menjelaskan maksud dan tujuan
5 menit

3
Kegiatan Bermain
Ø  Anak diminta mengambil kertas lipat
Ø  Kemudian bantu anak untuk melipat bentuk yang mudah
Ø  Bantu anak untuk melubangi hasil lipatannya dengan jarum
Ø  Potong benang  ±10 cm
Ø  Gantung hasil lipatan anak di tempat yang dapat dijangkau olehnya
15 menit
Peralatan bermain
4
Penutup
Ø  Memberi reward pada anak atas hasil karyanya.
Ø  Memberi reward yang lebih untuk anak yang hasil karyanya paling bagus
Ø  Memberi salam penutup
5 menit





    D.    Evaluasi
1.      Anak dapat menyelesaikan satu bentuk lipatan dan kemudian digantung
2.      Anak dapat aktif dan mengikuti kegiatan
3.      Anak merasa senang dan gembira
4.      Mengurangi rasa takut anak pada perawat

0 comments :

Post a Comment