Daun sirih merah ? Pasti semuanya sudah tahu apa itu daun sirih merah, terutama di Indonesia. Ternyata daun sirih merah sudah digunakan oleh masyarakat jawa pada zaman dahulu. Tapi  daun sirih juaga sering dimanfaatkan sebagai rampe atau pelengkap sesaji dalam upacara-upacara adat.

Daun sirih merah biasanya hidup di dataran tinggi dalam lingkungan lembab dan tidak terkena matahari langsung, karena jika daun sirih merah ini hidup lansung terkena sinar matahri langsung maka batangnya kan mudah mengering dan daunnya kan mudah gugur. Daun sirih merah (piper crocataum) juga biasa dikenal masyarakat awam dengan tanaman hias karena menurut meraka daun sirih merah ini menarik dipandang mata, tanpa banyak yang tahu khasiat dan manfaat dari daun sirih merah untuk kaum hawa baik terhadap kesehatan dan kecantikan.

Lalu apa saja yang terkandung didalam daun sirih merah ? Didalam daun sirih merah terkanadung senyawa fito-kimia seperti alkaloid, saponin, tannin dan flavonoid. Daun sirih merah dapat menyembuhkan ambeien, keputihan dan bau mulut. Selain itu, daun sirih merah dapat menyembuhkan penyakit lainnya seperti diabetes militus, hepatitis, batu ginjal, menurunkan kolestrol, mencegah stroke, asam urat, kanker, hipertensi, radang liver, radang prostat, maag, kelelahan, nyeri sendi dan menghaluskan kulit.

Selain itu, didalam daun sirih merah juga terkandung unsure kimia lainnya seperti minyak atsiri, hidroksikavicol, kavicol, kavibetol, allyprokatecol, karvacol, eugenol, pcymene, cineole, caryofelen, kadimen estragol terpenena dan fenil propada. Unsur kimia karvakrol bersifat desinfektan antijamur jadi bisa digunakan untuk obat antiseptik dan dapat menghilangkan bau mulut dan keputihan. Eugenol dapat mengurangi rasa sakit dan tanin mengatasi sakit perut.

Daun sirih merah sering digunakan sebagai ramuan dan terapi untuk penderita yang tidak bisa disembuhkan oleh obat kimia. Jika kita bisa menggunakan daun sirih dengan benar dan sesuai maka tidak akan menimbulkan efek negative terhadap organ reproduksi wanita. Bagaimana cara penggunaannya ? Cara menggunakannya pun mudah sekali, dengan merebus 7-10 daun sirih merah lalu menggunakan air rebusan untuk membilas daerah kewanitaan untuk mengurangi keputihan yang berlebihan. Ini di karenakan daun sirih mengandung antiseptik untuk membunuh kuman. 

Tahukah kita di negara mana saja daun sirih digunakan ? Di cina bagian farmakologi daun sirih dikenal dengan tanaman yang memiliki sifat hangat dan pedas. Lalu dibagian tradisional digunakan untuk mengurangi peradangan dan menghilangkan rasa gatal. Lalu di India daun sirih dikenal sebagai aromatik yang menghangatkan dan bersifat antiseptik. Sampai sekarang belum ada efek samping tentang penggunaan daun sirih untuk dijadikan obat, tetapi untuk mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan, daun sirih merah tidak di anjurkan untuk ibu hamil, menyusui dan anak-anak dibawah 7 tahun.

Jadi, jika ada obat yang alami dan murah kenapa tidak ?

By : Heni

5 comments :

Post a Comment