Laptop adalah sebuah alat komunikasi ringan dan mudah dibawa terdiri dari dekstop, keyboard dan perangkat lainnya. Laptop ini tidak jauh berbeda dengan komputer hanya perbedaan terletak pada ukuran dan bentuk perangkatnya yang memberikan kemudahan bagi pengguna.

Ada berbagai kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh laptop. Selain mudah dibawa, ringan, memiliki ukuran relatif kecil memudahkan penggunaannya walaupun berada di rungan sempit dan mampu menyimpan daya listrik karena memiliki batrai. Pengguna pun tidak khawatir jika tiba – tiba listrik mati. Namun, laptop juga memiliki kekurangan salah satunya mudah mengalami kerusakan jika sering terjatuh.

Pada zaman sekarang ini dengan kemajuan tekhnologi informasi dan komunikasi penggunaan laptop bagi kehidupan sehari – hari semakin beragam mulai dari memanfaatkannya sebagai alat komunikasi, hiburan, usaha, pendidikan hingga membantu meyelesaikan tugas kuliah maupun kantor. Untuk saran komunikasi sendiri bisa melalui jaringan internet yaitu chating teman – teman yang jauh, saling berkirim data melalui email dan bertatap muka dengan webcame. Dalam bidang hiburan laptop digunakan untuk menonton film yang dikemas dalam CD atau DVD. Untuk pendidian, para tenaga pengajar menggunakan laptop sebagai media pembelajaran powerpoint yang dihubungkan dengan LCD. Sedangkan bidang usaha misalnya, membuka warnet, penyewaan rental komputer serta membuka kursus komputer.

Adanya berbagai kegiatan tersebut tentunya memiliki pengaruh terhadap kesehatan kita sendiri. Kesehatan itu adalah sebuah kenikmatan yang diberikan Tuhan. Jika kesehatan terganggu, maka kegiatan sehari – hari kita tidak berjalan dengan baik. Untuk penggunaan laptop dalam jangka waktu lama mempunyai dampak yang tanpa disadari berpengaruh terhadap tingkat kesehatan seseorang. Adapun dampak – dampak tersebut diantaranya bahu merasa nyeri, bentuk postur tubuh membungkuk, sakit kepala, mengalami kekakuan pada sendi – sendi jari akibat terlalu lama mengetik.

Selain dampak tersebut penggunaan laptop terlalu lama juga berpengaruh terhadap mata. Mata merupakan organ yang sangat vital disamping ada telinga, hidung, lidah dan lainnya karena fungsi mata untuk melihat. Adapun bagian – bagian mata dibagi menjadi dua yaitu luar dan dalam. Pada bagian luar ada alis, bulu mata, kelopak mata dan kelenjar air mata. Sedangkan bagian dalam diantaranya sklera, koroid, retina, iris, lensa mata, bintik kuning, bintik buta serta kornea.

Berdasarkan Studi American Optometric Association (AOS) mencetuskan bahwa akibat terlalu lama di depan laptop menimbulkan radiasi yang menyebabkan kelelahan mata dan gangguan mata lainnya seperti pandangan menjadi kabur serta mata kering. Berbagai hal tersebut terjadi karena pengguna laptop hanya memfokuskan matanya ke arah layar laptop saja.

      Ada juga dampak lain jika kita terlalu sering di depan layar laptop khusus untuk organ - organ mata yaitu adanya kelainan yang dinamakan miopi. Miopi atau rabun jauh adalah ketidakmampuan seseorang untuk melihat benda - benda yang jauh dari pandangan karena bayangan jatuh di depan retina. Penderita tersebut membutuhkan bantuan kaca mata berlensa cekung untuk memperjelas sebuah objek. Sedangkan organ - organ mata yang mengalami gangguan akibat kelainan miopi antara lain retina, kornea dan pupil.

      Oleh karena itu, ada tips – tips untuk mengurangi kelelahan mata akibat kita terlalu lama di depan laptop yaitu dengan kita sering mengedipkan mata minimal 5 menit sekali, mengarahkan pandangan ke arah yang jauh dari layar laptop misalnya tumbuhan – tumbuhan hijau sebagai penyegar penglihatan, mengatur tampilan layar laptop agar tidak terlalu cerah dan redup serta mengkonsumsi makanan – makanan yang mengandung vitamin A, misalnya wortel karena baik untuk kesehatan mata. 
 
Menurut saya penggunaan laptop itu sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan agar kita dapat mencegah berbagai akibat dari penggunaannya dalam waktu lama. Jika hal tersebut dilakukan kesehatan mata kita akan selalu terjaga dengan baik. Setiap orang juga harus mensyukuri pemberian dari Tuhan berupa mata yang normal karena masih ada orang lain yang mengalami kelainan mata bahkan ada juga yang tidak bisa melihat sama sekali.

@_ Semoga bermanfaat _@ 
 By : Aan Aji Prayogi

4 comments :

Post a Comment