Setiap hari semakin banyak orang diidentifikasi posistif mengidap penyakit kanker. Hal ini lah yang membuka mata kita untuk lebih mengenal dan menghindari penyakit ini. Pola hidup yang tidak sehat dengan menu makanan yang tidak sehat ( junk food ) dan tingkat stres yang tinggi serta populasi udara, tentu bisa memicu penyakit ini. Salah satu cara untuk menghindari penyakit ini marilah mulai dari sekarang kita jalankan hidup sehat.
     Menurut DR. Tjatur Prijambodo kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel – sel jaringan tubuh yang tidak normal dan sel-sel kanker akan berkembang dengan cepat, tidak terkendali, dan akan terus membelah diri serta menyusup ke jaringan sekitarnya (invasive) terus menyebar melalui jaringan ikat, darah, dan menyerang organ – organ penting seperti syaraf tulang belakang. Dalam keadaan normal, sel hanya membelah diri jika ada penggantian sel yang rusak atau mati. Sebaliknya sel kanker akan membelah diri terus meskipun tubuh tidak memerlukannya. Dapat kita ambil kesimpulan bahwa betapa mengerikannya penyakit kanker ini jika sudah masuk ke dalam tubuh kita.
           Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk terhindar dari bahaya kanker salah satunya dengan mengetahui ciri-ciri kanker. Setiap orang memiliki sel kanker. Sel ini tidak tampak dalam pemeriksaan standar sampai sel ini berkembang biak hingga berjuta jumlahnya. Sel kanker dapat tumbuh lebih cepat antara 6 sampai lebih dari 10 kali sel biasa. Pada saat kekebalan tubuh seseorang tinggi, sel-sel kanker akan dihancurkan sehingga tidak bertambah banyak dan membentuk tumor.
          Pada saat seseorang menderita kanker akan menimbulkan dampak yaitu kekurangan nutrisi. Ini terjadi karena faktor genetika, lingkungan, makanan dan cara hidup. Untuk memperbaiki dampak ini dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan mengubah diet (cara makan) dan menambah asupan suplemen. Dalam pemeriksaan dokter ketika diketahui “tidak ada sel kanker lagi” itu artinya pemeriksaan sudah tidak dapat mendeteksi sel-sel kanker bukan berarti sel-sel tersebut sudah hilang.
          Meracuni sel-sel kanker yang tumbuh dengan cepat dapat dilakukan dengan kemoterapi tetapi pada saat yang sama juga akan menghancurkan pertumbuhan sel sehat dalam tulang sumsum dan menyebabkan kerusakan pada organ-organ lain seperti hati, ginjal, jantung, paru dan lain-lain. Radiasi bersamaan dengan fungsinya akan menghancurkan sel kanker, juga menyebabkan luka bakar, meninggalkan bekas luka, merusak sel dan jaringan yang sehat.
          Perawatan dini dengan kemoterapi dan radiasi dapat mengurangi ukuran tumor. Namun penerapan kemoterapi dan radiasi yang berkepanjangan tidak akan menghasilkan tumor yang berkurang. Pada saat tubuh menanggung beban racun yang berlebihan dari kemoterapi dan radiasi maka sistem kekebalan tubuh akan terancam dan hancur karena itulah seseorang akan mengalami berbagai macam infeksi dan komplikasi.
          Membuat kelaparan dengan cara tidak memberikan makanan yang dibutuhkan dalam sel untuk dapat berkembang biak adalah salah satu cara yang efektif untuk melawan kanker. Selain itu mengkonsumsi buah dan sayuran lebih banyak dari biasannya juga bisa dilakukan untuk menghindari kanker. Hal-hal yang dapat kita lakukan mulai sekarang agar terhindar dari penyakit kanker yaitu mengubah pola hidup kita dengan pola hidup sehat yaitu mengkonsumsi buah dan sayuran seperti yang kita ketahui buah dan sayuran memiliki sumber nutrisi dan vitamin di dalam sayuran dan buah yang berwarna hijau tersimpan betakaroten yang berfungsi untuk mencegah kanker paru-paru, kanker ginjal, kanker mulut, kanker kerongkongan, kangker pangkal tenggorokan dan kanker payudara. Sedangkan vitamin C sebagai antioksida yang baik untuk kanker perut.
          Makanan Berserat juga dapat membantu mencegah penyakit kanker karena kandungan serat dapat mengikat hormon estrogen dan membantu mengeluarkannya dari dalam tubuh sehingga tidak menyebabkan peningkatan kadar estrogen yang beresiko menjadi kanker payudara. Serat dapat ditemukan di sayur dan buah serta polong dan kacang. Mengurangi makanan berlemak,tidak mengkonsumsi alkohol dan rokok sangat baik baik agar terhindar dari penyakit kanker karena jika dikonsumsi akan menjadi pemicu timbulnya kanker.
          Makanan yang bersuhu tinggi dan lama juga dapat menimbulkan kanker selain itu jangan pernah mengkonsumsi pemanis buatan karena kandungan di dalamnya sangat berbahaya untuk tubuh jika rutin dikonsumsi terus menerus akan menjadi pemicu resiko kanker. Pilihlah pemanis alami yang baik untuk tubuh.
          Membatasi makanan untuk mencegah kanker akan tetapi tidak diimbangi dengan pola hidup sehat tidak akan ada gunanya. Kegiatan fisik seperti olahraga rutin disertai kesehatan mental dan rohani merupakan gabungan baik untuk mencegah penyakit ini. Setelah tahu semua hal tentang kanker ada baiknya kita terapkan hidup sehat mulai dari sekarang. Sehat memang bukan segalanya, tetapi tanpa kesehatan semua yang kita lakukan tidak akan ada artinya.
By : Manda Hadriansyah

4 comments :

Post a Comment