Di zaman sekarang ini, game telah menjadi bagian hidup para remaja. Awalnya game di buat hanya untuk sarana hiburan dan menghilangkan stress dengan kesibukan yang ada. Namun, semua itu sudah di salah artikan sekarang. Banyak anak-anak yang masih di dalam jenjang pendidikan SMP,SMA dan Perguruan Tinggi rela untuk tidak sekolah dan tidak kuliah demi bermain game yang menurut mereka bisa menghasilkan uang dan kesengangan. Bahkan anak-anak Sekolah Dasar pun sudah pandai bolos sekolah demi mengejar untuk bermain game online.

Berdasarkan hasil pengamatan dan keterangan dari  seorang teman saya yang bernama  restu (nama panggilan sehari-hari)   yang suka bermain game online dia bisa betah bermain game bahkan dari mulai pagi hari sampai malam. dia dalam sehari dapat menghabiskan uang kurang lebih Rp.50.000  bahkan lebih parahnya lagi dia biasa  tidur di warnet atau hotspot tempat biasa dia  bermain game. Dia hanya berhenti untuk makan ataupun mandi sejenak saja lebih parahnya lagi dia  biasa tidak mandi. setelah itu dia berlanjut lagi menghadap komputer atau laptop nya untuk bermain game online. teman saya tersebut beralasan dia bermain game online untuk mencari uang, tapi dia mencari uangnya rela untuk meninggalkan kuliah. Dia biasanya kuliah Cuma 3 atau 4 kali dalam seminggu, selebihnya dia berada di hotspot menghabiskan waktu untuk bermain game online. Bahkan saat pagi saya pergi kuliah sewaktu smester 1 dan 2,  di warnet-warnet di dekat rumah dan yang berada di sekitar jalan yang sering saya lewati banyak sekali anak-anak sekolah mulai dari SD,SMP dan SMA yang sudah duduk di depan warnet dengan mengenakan seragam sekolah. Padahal pagi  hari itu mereka seharusnya pergi ke Sekolah untuk belajar, tapi mereka malahan pergi ke warnet untuk bermain game online.

Game sangat berpengaruh sekali terhadap kehidupan seseorang baik psikis maupun fisik, duduk terlalu lama di depan komputer itu dapat berbahaya karena bisa merusak saraf mata kita,apalagi seorang yang hobi bermain game online itu akan lebih cepat rusak saraf matanya karena dapat berhari-hari duduk menghadapi komputer. Dan selain itu pula seseorang yang sudah kecanduan bermain game online daya keseriusannya itu akan sangat rendah, di katakan sangat rendah karena dimanapun ia berada fikirannya itu hanya ingin bermain game saja. Selain itu, bermain game online tentunya mempunyai dampak positif dan negatifnya. 

Adapun dampak positiifnya :

1.       Orang yang bermain game online mereka akan lebih menguasai komputer walaupun hanya dlam game
2.        Dalam bermain game online ini seorang yang bermain game online akan dapat menambah temannya walaupun hanya di dunia maya
3.       Bagi seorang pemain game online yang telah mempunyai sebuah ID dari game yang telah di mainkannya bahkan sudah mencapai level yang paling tertinggi ID itu  akan bisa kita jual kepada pemain game yang lainnya dan akan menghasilkan uang.

Adapun dampak negatifnya :
1.   Orang yang suka bermain game online hanya akan menghabiskan dan menghambur-hamburkan uang saja,secara sia-sia terutama pada seorang pelajar
2.        Dengan bermain game online akan membuat mereka menjadi ketagihan \
3.      Terkadang bagi pemain game online mereka lebih rela bolos sekolah dan bolos kuliah demi hanya untuk bermain game online
4.     Dengan bermain game online mereka terkadang lupa untuk makan, istirahat pada waktu siang, bahkan mereka lupa waktu akan beribadah kepada Tuhan.
5.     Dengan terlalu lama duduk di depan komputer atau laptop itu akan lebih membuat mata mereka cepat minus, padahal mereka masih banyak yang berusia muda.
6.    Seseorang yang sering bermain game online akan cenderung lebih berbohong kapada orangtua nya mereka terkadang mengaku pergi berangkat sekolah tapi mereka malah membolos sekolah, terutama pada anak yang masih duduk di bangku sekolah.
7.   Pada seorang yang sedang dalam pendidikan di perguruan tinggi mereka akan lebih cenderung berbohong kapada orangtua mengaku kehabisan uang karena banyak mangerjakan tugas, padahal uang yang biasa dikirim oleh orangtua mereka pergunakan hanya untuk bermain gameonline saja.

Berikut adalah tips-tips agar kita tidak keseringan bermain game online yang dapat membuang waktu-waktu saja.

1.      Berniatlah agar kamu tidak akan bermain game lagi pada saat hari-hari sekolah maupun kuliah, bila perlu hanaya hari libur saja tetapi haya sebentar dan tidak lupa waktu untuk makan,mandi,belajar bahkan beribadah.
2.  Sebaiknya anda lebih banayk mencari kegiatan yang lebih positif seperti mengikuti extrakurikuler yang ada di sekolah,maupun kampus anda daripada anda menghabiskan aktu untuk bermain game.
3.        Berfikir hemat dan pelit terhadap game. Terutama seorang remaja yang duduk di bangku kuliah akan lebih baik uang yang di kirim orangtua kita itu kita gunakan secara baik untuk kebutuhan kuliah dan kebutuhan kita sehari-hari. Akan lebih baiknya lagi uang yang dikirim orangtua kita kita tabung separuhnya.

By : Gutowo Abda'u

4 comments :

Post a Comment