Pada zaman sekarang umumnya anak-anak maupun remaja bahkan orang tua senang  mendengarkan musik.  Musik-musik yang di dengarkan biasanya musik yang mereka senangi dan terbaru baik itu aliran pop,rock,jazz, bahkan dangdut. Mendengarkan musik tidak hanya dalam waktu luang, tetapi dalam berbagai situasi seperti dalam perjalanan dan bertamasya. Mendengarkan musik bisa menggunakan pengeras suara(speaker) dan headset. Ternyata mendengarkan musik menggunakan headset sangat banyak pengaruhnya terhadap kesehatan kita, khususnya pada telinga. 

Telah diketahui sejak lama bahwa musik yang keras dalam jangka waktu panjang akan merusak pendengaran. Kadangkala suara itu sangat merusak sehingga menyebabkan sakit pada telinga. Para remaja telah diberitahu mengenai bahaya ini karena mereka suka sekali mendengarkan musik yang sedang hits dalam volume tinggi.

Remaja dan kaum muda juga senang mendengarkan lagu sambil memakai headset. Jika suara dari headset terlalu keras, mereka tidak menyadari dampak penggunaan headset terhadap telinga mereka. Dengan sering memakai headset tanpa disadari mereka sedang merusak pendengaran mereka sendiri. Mendengarkan MP3 atau playlist lagu dengan suara keras dan langsung dihembuskan ke dalam telinga sangatlah berbahaya. Efek yang akan di rasakan nya berupa kerusakan permanen pada telinga,hal ini terjadi bila telinga sudah tidak kuat lagi menanggung beban suara yang keras dari headset yang berlangsung terhubung dengan lubang telinga.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa penggunaan headset dan memainkan music dengan suara keras setiap hari selama lima tahun bisa menyebabkan kerusakan permanen dan masalah gangguan telinga yangtidak dapat disembuhkan. Pernyataan itu diberikan sembilan peneliti dari Committee on Emerging and Newly Identified Helat Risks. Bahkan, mereka juga menyatakan bahwa risiko kehilangan pendengaran akan didapatkan di pertengahan usia 20-an. Bagaimanapun, mendengarkan musik melalui media portabel juga menimbulkan dampak lain Lima tahun rasanya lama sekali, tetapi mendengarkan music melalui headset dalam jangka waktu panjang setiap hari akan menimbulkan efek yang sama dalam waktu yang lebih singkat sehingga berpengaruh bagi kesehatan.

 orang yang mendengarkan music melalui headset dengan volume tertinggi selama 5 jam mendapat dosis suara yang lebih dari yang diijinkan oleh aturan keselamatan dan kesehatan bagi para pendengar musik. Jika suara yang didengar cukup keras maka semua jenis headset memiliki kapasitas merusak pendengaran kita. Jenis headset yang berbentuk bulat kecil dan digunakan hanya dengan cara dimasukkan ke dalam telinga lebih berbahaya dibandingkan headset yang menutupi telinga secara keseluruhan. Itulah beberapa dampak penggunaan headset terhadap telinga Anda.

Beberapa cara untuk mengurangi kerusakan pendengaran adalah  dengan mengurangi volume suara musik dan mengurangi waktu untuk mendengarkan dengan headset, dan selalu menjaga kebersihan telinga.

By : Eka Raju Saputra

2 comments :

Post a Comment